Selasa, 01 November 2016

Norma


Gambar 2.1 Siswa menyebrang jalan menggunakan zebra cross

Gambaran diatas merupakan gambaran tentang kewajiban kita dalam menaati peraturan hukum yang hidup dalam masyarakat. Dengan menaati hukum maka kehidupan kita akan aman, tertib, tenteram, dan damai. Kita harus bersyukur karena bangsa kita adalah bangsa yang besar namun diantara kita masih banyak yang belum menaati norma.





Gambar 2.2 Pengendara motor melanggar jalan busway 

Gambar diatas adalah gambaran tentang pelanggaran hukum. Manusia pada dasarnya memiliki dua sifat yaitu mahluk sosial dan mahluk individu. Kepentingan terdiri dari kepentingan umum, kepentingan masyarakat, dan kepentingan pribadi. Perbedaan kepentingan dapat menyebabkan perselisihan dan perpecahan. Oleh karena itu perlu aturan aturan dalam pergaulan hidup. Setiap kelompok masyarakat pasti memiliki perbedaan corak budaya dan sifatnya jadi aturan yang berlaku dalam masyarakat berbeda-beda.






Gambar 2.3 Masyarakat sedang melakukan kegiatan musyawarah untuk menentukan suatu peraturan 

Gambar diatas mencerminkan tentang norma kesusilaan. Norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang berkenan dengan bisikan kalbu dan suara hati nurani. Sanksi bagi yang melanggar norma kesusilaan adalah dikucilkan dan dicemooh orang lain. Contoh norma kesusilaan yaitu siswa yang mengikuti hati nurani tidak akan menyontek ketika ulangan.






Gambar 2.4 Contoh perilaku sopan peserta didik terhadap guru

Gambar tersebut adalah perilaku yang dapat mencerminkan norma kesopanan. Perilaku tersebut sangatlah tepat dan benar karena kita harus menghormati orang yang lebih tua dari kita. Norma kesopanan adalah norma yang berhubungan dengan pergaulan manusia dalam kehidupan sehari hari. Norma kesopanan bersumber dari tata kehidupan atau kebiasaan-kebiasaan masyarakat dalam pergaulannya. Sanksi bagi yang melanggar norma kesopanan adalah dicemooh dan dijauhi orang lain. Salah satu contoh norma kesopanan selain gambar diatas, adalah mengetuk pintu jika bertamu.






Gambar 2.5 Umat beragama sedang melakukan ibadah menurut agamanya

Gambaran diatas mengajarkan bahwa kita harus mengerjakan perintah agama kita dan menjauhi larangannya seperti yang tercantum dalam norma agama. Norma agama adalah sekumpulan kaidah atau peraturan hidup manusia yang sumbernya dari Wahyu tuhan. Sanksi bagi yang melanggar norma agama adalah dosa sesuai apa yang ia lakukan terhadap kesalahannya.






Gambar 2.6 Kerukunan antar umat beragama

Gambaran diatas menggambarkan bahwa kita harus saling menghargai dan menghormat agama lain karena Indonesia bukan megara yang berdasarkan pada satu agama. Dengan kerukunan antar umat beragama maka kehidupan masyarakat akan tercipta keharmonisan.







Gambar 2.7 Gedung Mahkamah Agung

Gambaran diatas mencerminkan bahwa Indonesia adalah Negara hukum yang diatur dalam suatu norma yaitu norma hukum. Norma hukum adalah norma peraturan mengenai tingkah laku manusia dalam pergaulan masyarakat dan dibuat oleh badan badan resmi Negara serta bersifat memaksa sehingga perintah dan larangan dalam norma hukum harus ditaati masyarakat. Sanksi bagi yang melanggar norma hukum adalah denda atau penjara.






Gambar 2.8 Interaksi sosial masyarakat di pasar terapung 

Gambar tersebut menggambarkan bahwa interaksi sosial sangat berpengaruh dalam norma. Tanpa adanya norma maka akan terjadi ketidakteraturan masyarakat. Dalam hidup bernegara diatur dengan norma hukum yang berbeda dengan norma norma lainnya. Persamaannya adalah norma norma tersebut mengatur tata tertib dalam masyarakat, sedangkan perbedaannya terletak pada sanksinya.






Gambar 2.9 Pengadilan Negri

Gambar diatas mencerminkan bahwa kita harus bersikap adil terhadap siapa pun. Seandainya dalam masyarakat tidak ada keadilan maka kehidupan tidak akan tertib dan akan menimbulkan perpecahan. Mewujudkan keadilan merupakan salah satu teori tertua dari tujuan hukum.






Gambar 2.10 Masyarakat adat Badui tetap memegang Teguh tradisi yang merupakan kearifan lokal

Gambar tersebut mencerminkan bahwa kita harus terus memegang teguh tradisi dan budaya Negara kita. Dalam kehidupan di masyarakat, penetapan norma ada yang ditentukan oleh ketua adat,  ada pula yang ditentukan melalui kesepakatan bersama, baik melalui musyawarah maupun pemungutan suara. Kenyataan seperti ini banyak terjadi dilingkungan sekolah, organisasi, masyarakat, bahkan Negara.







LATIHAN SOAL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Mata Pelajaran                   :PPKn
Kelas                                   :VII ( Tujuh )
Pilihlah jawaban yang paling tepat!


1     Jepang mulai menguasai Indonesia setelah Belanda menyerah di Kalijati, Subang yang terjadi pada tanggal ….
A.    6 Maret 1942        
B.    7 Maret 1942
C.   8 Maret 1942
D.   9 Maret 1942
2.    Perhatikan data berikut !
1)    Jepang cahaya Asia
2)    Jepang pemimpin Asia
3)    Jepang pelindung Asia
4)    Jepang penerang Asia
Semboyan Jepang untuk menarik simpati rakyat Indonesia ditunjukkan oleh nomor …. 
A.    1, 2, dan 3
B.    1, 2, dan 4
C.   1, 3, dan 4
D.   2, 3, dan 4
3.   Dokuritsu Zunbi Cosakai (BPUPKI) dibentuk pada tanggal ….
A.    1 Maret 1945
B.    2 Maret 1945
C.   1 Mei 1945
D.   2 Mei 1945
4. Sidang resmi pertama BPUPKI dilaksanakan pada tanggal ….
A.    29 – 31 Mei 1945
B.    29 Mei – 1 Juni 1945
C.   31 Mei – 1 Juni 1945
D.   10 – 17 Juli 1945
5. BPUPKI semasa tugasnya mengadakan 2 kali sidang. Sidang pertama membahas tentang ….
A.    dasar negara
B.    wilayah negara
C.   ekonomi negara
D.   rancangan UUD 1945
6. Sidang kedua BPUPKI membahas tentang ….
A.    dasar negara
B.    wilayah negara
C.   ekonomi negara
D.   rancangan UUD 1945

7.   Untuk soal no. 7 dan 8 perhatikan gambar tokoh berikut 





















Merupakan pendiri negara bernama …. 
A.    Ir. Soekarno
B.    Drs. Moh. Hatta
C.   R. Pandji Soeroso
D.   Dr. KRT Radjiman Wedyodiningrat
8.  Tokoh tersebut berperan sebagai ….
A.    Pendiri PPKI
B.    Ketua BPUPKI
C.   Perwakilan Jepang
D.   Perumus dasar negara
9. Gambar tokoh pendiri negara yang mengemukakan istilah Pancasila sebagai dasar negara adalah ….
      A.    

      B.    
      C.   
      D. 
10.  Perhatikan data berikut !
1)    Peri kebangsaan
2)    Peri kemanusiaan
3)    Peri ketuhanan
4)    Peri kerakyatan
5)    Kesejahteraan sosial
          Usulan dasar negara tersebut dikemukakan oleh …. 
A.    Ir. Soekarno
B.    Mr. Soepomo
C.   Mr. Moh. Hatta
D.   Mr. Moh. Yamin
11.  Perhatikan data berikut !
1)    Kebangsaan Indonesia
2)    Internasionalisme atau peri kemanusiaan
3)    Mufakat atau demokrasi
4)    Kesejahteraan sosial
5)    Ketuhanan yang berkebudayaan
Usulan dasar negara tersebut dikemukakan oleh ….
A.    Ir. Soekarno
B.    Mr. Soepomo
C.   Mr. Moh. Hatta
D.   Mr. Moh. Yamin
12.  Ir. Soekarno berpidato tentang dasar negara Indonesia merdeka pada tanggal ….
A.    29 Mei 1945
B.    30 Mei 1945
C.   31 Mei 1945
D.   1 Juni 1945
13.  Pada tanggal 22 Juni 1945 panitia Sembilan berhasil membuat rancangan Pembukaan UUD yang
      oleh M Yamin diberi nama ….
A.    Pancasila
B.    Mukaddimah
C.   Piagam Jakarta
D.   Pembukaan UUD
14.  BPUPKI dibubarkan pada tanggal ….
A.    5 Agustus 1945
B.    6 Agustus 1945
C.   7 Agustus 1945
D.   8 Agustus 1945
15.  Perhatikan pernyataan berikut !
1)    Menetapkan UUD NRI Tahun 1945
2)    Memilih Presiden dan Wakil Presiden
3)    Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)
4)    Membubarkan BPUPKI
5)    Mengangkat Soekarno sebagai Presiden seumur hidup
Hasil sidang PPKI ditunjukkan oleh nomor ….
A.    1, 2, dan 3
B.    1, 3, dan 4
C.   2, 3, dan 4
D.   3, 4, dan 5
16.  Semangat yang menganggap bahwa kesetiaan tertinggi atas setiap pribadi harus diserahkan 
        kepada negara kebangsaan atau nation statedisebut ….
A.    patriotisme
B.    nasionalisme
C.   cinta tanah air
D.   rela berkorban
17.  Semangat yang harus dimiliki peserta didik sebagai generasi muda penerus bangsa adalah ….
A.    semangat membela negara bila ada imbalan
B.    semangat rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
C.   semangat ikut tawuran karena membela teman
D.   semangat belajar kalau ada ualangan saja
18.  Indonesia akan mampu menjadi negara yang maju dan sejajar dengan negara-negara di dunia bila 
      generasi muda penerus bangsa memiliki semangat dan jiwa patriotisme yaitu ….
A.    semangat pantang mundur dan tak kenal lelah
B.    semangat mendahulukan kepentingan pribadi daripada kepentingan negara
C.   semangat mendahulukan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi
D. semangat cinta tanah air dan bersedia mengorbankan segala-galanya untuk mempertahankan bangsanya
19.  Perhatikan pernyataan berikut !
1)    Mendahulukan kepentingan kelompok
2)    Jiwa ingin menang sendiri
3)    Jiwa solidaritas dan kesetakawanan
4)    Jiwa tanpa pamrih dan bertanggungjawab
5)    Jiwa ksatria dan kebesaran jiwa
Jiwa dan semangat 45 ditunjukkan oleh nomor ….
A.    1, 2, dan 3
B.    1, 3, dan 4
C.   2, 3, dan 4
D.   3,4,dan 5
20.  Perhatikan 3pernyataan berikut !
1)    Memiliki semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme
2)    Semangat putus asa menghadapi perjuangan
3)    Rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia
4)    Mementingkan perjuangan kedaerahan
5)    Mengorbankan kepentingan pribadi untuk kepentingan negara
Komitmen para pendiri negara dalam perumusan Pancasila ditunjukkan oleh nomor ….
A.    1, 2, dan 3
B.    1, 3, dan 5
C.   2, 3, dan 4
D.   3, 4, dan 5
21.  Upaya generasi muda untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik dapat dilakukan dengan cara ….
A.    bersahabat dengan alam lingkungan
B.    ikut tawuran dengan teman karena rasa solidaritas
C.   giat belajar dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler

D.   belajar kelompok dengan teman agar terbebas dari pekerjaan rumah

22.  Pengertian konstitusi adalah ….
A.    Undang-undang
B.    Peraturan Pemerintah
C.   peraturan perundang-undangan
D.   hukum dasar yang digunakan dalam penyelenggaraan negara
23.  Aturan-aturan dasar yang timbul dan terpelihara dalam praktik penyelenggaraan negara yang tidak tertulis adalah ….
a.    Kebiasaan             c. doktrin
b.    Konvensi               d. adat istiadat
24.  Contoh hukum dasar tertulis adalah ….
a.    UUD 1945
b.    Konvensi
c.    Norma kesopanan
d.    Norma adat
25.  Kedaulatan berada ditangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar, merupakan isi pasal ….
A.    1 ayat (1)
B.    1 ayat (2)
C.   1 ayat (3)
D.   1 ayat (4)
26.  Perhatikan pernyataan berikut !
1)    Pemegang kedaulatan
2)    Struktur negara
3)    Bentuk negara
4)    Tindak pidana korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN)
5)    Pembatasan kekuasaan pejabat negara
Undang-Undang Dasar negara mengatur tentang ….
A.    1, 2, dan 3
B.    1, 3, dan 4
C.   2, 3, dan 4
D.   3, 4, dan 5
27.  Sidang kedua BPUPKI dilaksanakan pada tanggal ….
A.    29 – 31 Juni 1945
B.    29 – 31 Juli 1945
C.   10 – 17 Juni 1945
D.   3, 4, dan 5
E.    10 – 17 Juli 1945
28.  Dalam sidang BPUPKI kedua terbentuk panitia kecil yang berhasil memutuskan ….
A.    memutuskan Indonesia merdeka
B.    memutuskan dasar Indonesia merdeka
C.   memutuskan Soekarno menjadi Presiden
D.   menyusun usul rencana pembukaan hukum dasar

29  Perbedaan Isi Piagam Jakarta dengan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 terletak pada sila ke -  ….
A.    1                            C. 3
B.    2                            D. 4
30   BPUPKI dibubarkan oleh Jepang, sebagai gantinya dibentuklah PPKI yang bertujuan untuk ….
A.    mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
B.    Mempersiapkan pemberontakan terhadap pemerintahan Indonesia
C.   Menyerang pemerintahan Jepang yang sedang bercokol di Indonesia
D.   Memperlihatkan kepada negara-negara tetangga tentang kehebatan Indonesia
31. PPKI diketuai oleh tokoh pendiri negara yaitu ….
A.    Ir. Soekarno
B.    Mr. M. Yamin
C.   Drs. Moh. Hatta
D.   K.R.T Radjiman Wedyodiningrat
32..  Perhatikan pernyataan berikut !
1)    Pembukaan terdiri dari 4 alinea
2)    Batang tubuh 16 bab, 37 pasal
3)    Batang tubuh 21 bab, 73 pasal
4)    Penjelasan umum dan pasal demi pasal
5)    Penjelasan khusus dan pasal demi pasal
Sistematika UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebelum perubahan ditunjukkan oleh nomor ….
A.    1, 2, dan 3
B.    1, 2, dan 4
C.   2, 3, dan 4
D.   3, 4, dan 5
33.  Naskah aturan hukum yang tertinggi dalam kehidupan Negara Republik Indonesia adalah ….
A.    TAP MPR
B.    Undang-Undang
C.   UUD NRI Tahun 1945

D.   Peraturan Pemerintah

34.  Tujuan dibuatnya aturan dalam kehidupan adalah untuk ….
A.    kebersamaan
B.    ketidakharmonisan
C.   kesenjangan sosial
D.   ketertiban dan keteraturan

35.  Akibat bagi warga negara, bangsa dan negara apabila Indonesia tidak memiliki UUD adalah ….
A.    hidup dalam keteraturan
B.    masyarakat akan aman dan sejahtera
C.   tercipta ketidaknyamanan dalam kehidupan
D.   timbulnya kesenjangan social dalam masyarakat
36  Dalam melakukan sidang BPUPKI ada dua faham utama yang dimiliki para pendiri negara, yaitu ….
A.    nasionalisme dan agama
B.    cinta tanah air dan setia
C.   mementingkan kepentingan diri sendiri
D.   rela berkorban bila mendapat imbalan
37.  Dalam berbagai perbedaan yang ada di antara anggota BPUPKI dapat diatasi dengan sikap dan perilaku ….
A.    memaksakan kehendak
B.    mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan
C.   rela berkorban
D.   mau menerima masukan orang lain

38.  BPUPKI melaksanakan sidang dengan semangat ….
A.    mementingkan kepentingan kelompok
B.    rela berkorban agar mendapat imbalan
C.   cepat putus asa karena belum menghasilkan kesepakatan
D.   kebersamaan dan mengutamakan musyawarah mufakat
39.  Sikap yang harus dimiliki peserta didik dalam mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih oleh para pendiri negara adalah ….
A.    cepat putus asa dalam menerima masalah
B.    mengutamakan kepentingan pribadi daripada kepentingan bersama
C.   semangat kebersamaan dan mengutamakan musyawarah mufakat
D.   semangat rela berkorban bila diperlukan 
40  UUD 1945 telah mengalami amandemen/perubahan sebanyak ….
A.    satu kali                 C. tiga kali
B.    dua kali                  D. empat kali
41.  Nilai yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 bersifat ….
A.    rigid dan kaku
B.    utuh dan bulat
C.   universal dan lestari
D.   menyeluruh dan dapat dipercaya
42.  Pembukaan UUD 1945 diterima oleh bangsa-bangsa beradab di dunia. Ini mengandung arti bahwa Pembukaan UUD 1945 bersifat ….
A.    kaku
B.    sebagian
C.   universal
D.   dapat mengikuti perkembangan jaman
43.  Alinea pertama Pembukaan UUD 1945 mengandung nilai ….
A.    religi                       C. persatuan  
B.    kemanusiaan        D. budaya
44.  Pembukaan UUD 1945 terdiri atas ….. alinea
A.    dua                        C. empat
B.    tiga                        D. lima 
45  Pengukuhan dari proklamasi yang luhur merupakan makna dari Pembukaan UUD 1945 alinea ke - ….
A.    satu                       C. tiga
B.    dua                        D. empat
46.  Bangsa Indonesia ingin menghapuskan penjajahan dengan segala bentuknya karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan. Merupakan makna dari pembukaan UUD 1945 alinea ke …
A.    satu                       C. tiga
B.    dua                        D. empat
47.  Tujuan negara Indonesia yang tercantum dalam Pembukan UUD 1945 alinea ke empat yang berhubungan dengan program gratis belajar 12 tahun dalam rangka untuk ….
A.    memberi kemakmuran
B.    mensejahterakan rakyat
C.   ikut melaksanakan ketertiban dunia
D.   mencerdaskan kehidupan bangsa
48.  Antara Proklamasi kemerdekaan dan  Pembukaan UUD 1945 terdapat ….
A.    kemiripan
B.    kesamaan
C.   kepentingan yang sama
D.   hubungan yang sangat erat
49.  Lembaga negara yang berhak untuk mengamandemen UUD 1945, adalah ….
A.    MPR                      C. PPKI
B.    DPR                      D. BPUPKI      
50. Dalam amandemen UUD Negara Republik Indonesia ada kesepakatan dasar yang tidak boleh diubah, yaitu ….
A.    penjelasan
B.    pasal-pasal
C.   pembukaan
D.   batang tubuh





















2 komentar: